Ani Sofian Harap Sinergitas Legislatif dan Eksekutif

Malam Pisah Sambut DPRD Kota Pontianak 2019-2024 dan 2024-2029


 

PONTIANAK - Suasana haru mewarnai Silaturahmi dan Malam Pisah Sambut Anggota DPRD Kota Pontianak periode 2019-2024 dan 2024-2029 di Hotel Aston Pontianak, Selasa (17/9/2024). Kesan dan pesan selama menjalankan amanah selaku anggota legislatif disampaikan oleh Firdaus Zarin, mantan Wakil Ketua DPRD periode 2019-2024. Menurutnya, ada filosofi yang mengatakan, ‘ada yang datang dan ada yang pergi’. Meski ia bersama beberapa rekan legislator lainnya tidak lagi duduk di kursi legislatif, pengabdian akan terus dilakukan di bidang masing-masing. Seperti dirinya yang akan mengabdikan diri di salah satu kampus sebuah perguruan tinggi. Ada pula yang kembali menjadi pengusaha dan berbagai profesi lainnya.

 

“Melalui kesempatan ini, saya juga ingin menyampaikan permohonan maaf apabila dalam pergaulan dan bekerja, ada kesalahan yang dibuat, baik disengaja maupun tidak, saya mohon maaf,” ucapnya.

 

Kepada anggota DPRD periode 2024-2029 yang baru dilantik, Firdaus berpesan supaya menjalankan fungsinya dengan sebaik-baiknya. Ada tiga fungsi utama DPRD, yakni fungsi kontrol, fungsi legislasi dan fungsi anggaran atau budgeting.

 

“Silakan memberikan kontribusi, sumbangsih pemikiran untuk mewujudkan Kota Pontianak yang lebih maju,” pesannya.

 

Ketua Sementara DPRD Kota Pontianak Satarudin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaannya kepada anggota DPRD periode 2019-2024 yang telah mengabdikan dirinya untuk Kota Pontianak. 

 

“Meski dalam waktu lima tahun, tetapi bapak dan ibu telah banyak memberikan kontribusi terhadap pembangunan Kota Pontianak,” ungkapnya.

 

Satarudin juga mengajak seluruh anggota DPRD Kota Pontianak periode 2024-2029, untuk beradaptasi dengan lingkungan kerjanya serta menjalin komunikasi dengan sesama anggota legislatif, eksekutif, kejaksaan, TNI, Polri dan lembaga lainnya.

 

“Semoga bapak ibu dapat menjalankan amanah dan mampu bersama-sama bekerja sama dan bersinergi membangun Kota Pontianak. Saya berharap bapak ibu lebih banyak belajar sehingga lebih mudah dalam menjalankan tugasnya masing-masing,” kata Satarudin.

 

Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak Ani Sofian turut menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh anggota DPRD Kota Pontianak periode 2019-2024, atas kerja sama yang terjalin selama lima tahun membangun Kota Pontianak.

 

“Semoga semua yang telah dikerjakan untuk membangun Kota Pontianak memberikan manfaat dan dampak positif bagi seluruh masyarakat,” tuturnya.

 

Ia berpendapat, untuk membangun Kota Pontianak, diperlukan sebuah komitmen yang kuat antara eksekutif dan legislatif. Dengan demikian tujuan yang ingin dicapai, yakni membangun Kota Pontianak lebih maju, dapat terwujud sesuai dengan perencanaan yang pada akhirnya bermuara pada tercapainya masyarakat makmur dan sejahtera.

 

“Untuk itu, kepada seluruh anggota legislatif terpilih yang baru dilantik, saya mengajak bersama-sama untuk saling bersinergi dan berkolaborasi dalam mewujudkan Pontianak sebagai kota yang lebih maju dan memiliki daya saing yang tinggi dengan segala potensi yang ada,” tutupnya. (prokopim)