Berkinerja Baik, Pemkot Pontianak Diganjar Anugerah Pandu Negeri

Dari Indonesian Institute for Public Governance (IIPG)


 

PONTIANAK - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak berhasil meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional, Anugerah Pandu Negeri 2024 dalam Kategori Umum Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Government Baik Tingkat Kota. Anugerah Pandu Negeri merupakan penghargaan yang diberikan oleh Indonesian Institute for Public Governance (IIPG) kepada pemerintah daerah yang menunjukkan kinerja dan tata kelola pemerintahan yang baik. Penilaian meliputi pengelolaan keuangan dan capaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), kebijakan terkait persoalan publik, reformasi birokrasi, Monitoring Centre for Prevention (MCP) dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Indikator lainnya adalah dari makro diantaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM), PDRB dan lainnya.

 

Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak Ani Sofian menyebut, penghargaan ini merupakan bukti nyata komitmen dan kerja keras seluruh jajaran Pemkot Pontianak dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik.

 

“Kita semua merasa bersyukur dan bangga atas penghargaan yang diberikan kepada Kota Pontianak. Ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi seluruh jajaran Pemkot Pontianak dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," ujarnya, Rabu (11/9/2024).

 

Menurutnya, penghargaan ini bukan hanya menjadi kebanggaan, tetapi juga menjadi motivasi bagi pihaknya untuk terus meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan publik. Oleh sebab itu, ia menekankan kepada seluruh jajaran perangkat daerah untuk berkomitmen, terus berinovasi dan bekerja lebih keras lagi demi kesejahteraan masyarakat Kota Pontianak.

 

“Pencapaian ini merupakan hasil kolaborasi yang baik antara pemerintah, masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan di Kota Pontianak,” kata Ani Sofian.

 

Ke depannya, Pemkot Pontianak berjanji untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan. Berbagai program inovatif dan kebijakan yang berpihak pada masyarakat akan terus dikembangkan demi mewujudkan Kota Pontianak yang lebih maju, sejahtera dan berkelanjutan.

 

"Mari kita jadikan penghargaan ini sebagai penyemangat untuk terus berkarya dan memberikan yang terbaik bagi Kota Pontianak. Bersama-sama, kita bangun Pontianak menjadi kota yang semakin maju dan berkualitas," tutup Pj Wali Kota. (prokopim)