Dinsos Kota Pontianak Ajak Orang Tua Penuhi Hak Anak

Hari Anak Nasional, Dinsos Bagikan Promosi Edukasi di Berbagai Titik


PONTIANAK – Hari Anak Nasional diperingati Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak lewat Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pontianak dengan memberikan promosi dan edukasi kepada anak-anak yang hendak berangkat ke sekolah di berbagai titik di Kota Pontianak, Selasa (23/7/2024) pagi.


Kepala Dinas Sosial Kota Pontianak Trisnawati menerangkan, promosi edukasi yang diserahkan berupa selebaran berisi ucapan kalimat positif serta makanan ringan. Ia ingin mengajak setiap orang tua agar melaksanakan pemenuhan hak anak secara utuh.


“Promosi edukasi ini juga kami berikan kepada orang tua untuk melaksanakan pemenuhan hak anak untuk bermain, mendapatkan kasih sayang dan masih ada hak anak yang lain,” terangnya, usai ikut menyerahkan secara langsung promosi dan edukasi.


Selain itu, Dinsos juga ikut mengkampanyekan Kota Pontianak anti kekerasan dan perundungan terhadap anak. Tina, sapaan karibnya, berkomitmen untuk mengentaskan kekerasan yang melibatkan anak. Hal itu dapat dilihat dari berbagai program Dinsos Kota Pontianak seperti rehabilitasi sosial dasar kepada anak terlantar di luar panti sosial, pendampingan anak saksi dan korban yang berhadapan dengan hukum hingga pembinaan anak disabilitas.


Saat ini, lanjut dia, ada sekitar 24 kasus kekerasan terhadap anak yang tengah ditangani Dinsos Kota Pontianak, baik sebagai korban maupun saksi. Di Hari Anak Nasional ini, pihaknya akan menyerahkan bantuan alat edukasi kepada 24 anak tersebut.


“Kami akan memberikan bantuan kepada mereka beberapa alat edukasi untuk mengembangkan minat dan bakat, kami memberikan paket dalam rangka mengembangkan keterampilan anak-anak yang berada di Pusat Layanan Anak Terpadu (PLAT),” imbuhnya.


Hari Anak Nasional kali ini mengusung tema ‘Anak Terlindungi Indonesia Maju’. Tina berharap, seluruh masyarakat khususnya orang tua dapat memberikan hak anak. Melalui program-program Dinsos, ia ingin masalah anak di Kota Pontianak dapat dicegah.


“Mudah-mudahan anak Kota Pontianak menjadi anak yang sehat, cerdas, memiliki daya saing, memiliki keterampilan dan menjadi penerus bangsa yang bisa membangun Kota Pontianak,” pungkasnya. (kominfo)