Dulang 6 Kategori Tribun Awards, Edi Kamtono : Terus Berbuat Demi Pontianak Lebih Maju

PONTIANAK - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak mendulang enam kategori penghargaan Tribun Awards 2023. Enam kategori itu adalah Pengendalian Inflasi Terbaik, Pencapain IPM Tertinggi, Pengelolaan PAD Berbasis Digital, Pengembangan Sport City, Kota dengan Pedestrian Ramah dan Nyaman dan Daerah Penerapan Sekolah Inklusi Tertinggi. Penghargaan prestisius ini diberikan sebagai apresiasi atas upaya jajaran Pemkot Pontianak secara berkelanjutan dalam meningkatkan berbagai aspek kehidupan masyarakat dan pembangunan kota secara menyeluruh. Seremoni penyerahan Tribun Awards digelar di Qubu Resort, Selasa (8/8/2023) malam.

 

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyatakan, penghargaan-penghargaan ini adalah buah dari kerja keras kolaboratif jajaran Pemkot Pontianak, stakeholder dan seluruh lapisan masyarakat. Atas nama Pemkot Pontianak, dirinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tribun Pontianak selaku penyelenggara Tribun Awards atas penghargaan ini. Tak lupa pula ia sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warga Kota Pontianak yang telah bersama-sama berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan Pontianak. Ia pun berkomitmen untuk terus berbuat demi kemajuan Kota Pontianak kedepan.

 

"Kami percaya bahwa penghargaan ini akan menjadi motivasi dan penyemangat untuk terus berinovasi serta berkomitmen dalam memajukan masyarakat dan Kota Pontianak," ujarnya usai menerima trofi penghargaan.

 

Berbagai kategori yang disandang Pemkot Pontianak tidak terlepas dari peran semua pihak hingga mendapat anugerah Tribun Awards. Edi menyebut, satu di antara kategori yang diraih adalah Pengendalian Inflasi Terbaik. Kategori serupa juga didapat di tingkat nasional. Penghargaan kategori ini diperoleh karena keberhasilan dalam mengimplementasikan kebijakan dan strategi yang efektif dalam mengendalikan inflasi.

 

"Tentunya upaya tersebut berdampak positif pada stabilitas ekonomi di Kota Pontianak," kata Edi.

 

Kemudian, lanjutnya lagi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Pontianak juga merupakan yang tertinggi di Provinsi Kalimantan Barat. Pembangunan di bidang pendidikan dan kesehatan menjadi penyumbang meningkatnya IPM di Kota Pontianak.

 

"Tingginya IPM ini mencerminkan peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat di Kota Pontianak," ungkapnya.

 

Dari sejumlah kategori Tribun Awards yang didapat Pemkot Pontianak, dua kategori yang selaras adalah kategori Pengembangan Sport City dan Kota dengan Pedestrian Ramah dan Nyaman. Edi bilang, pembangunan trotoar yang representatif, selain bertujuan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pejalan kaki, juga menjadi fasilitas masyarakat untuk berolahraga seperti jogging.

 

"Selain memberikan tempat bagi masyarakat untuk berolahraga, juga mendorong masyarakat untuk gaya hidup sehat dan berkelanjutan," tutupnya.

 

Tribun Awards 2023 merupakan penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah dan pemerintah daerah kabupaten/kota, BUMN, BUMD dan juga instansi swasta  di Provinsi Kalbar. Tribun Awards 2023 mengusung tagline 'Kalbar Maju Menembus Batas'. (prokopim)