Euforia Hari Jadi, Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah Berjepin Massal

Wako Edi: HUT Kota Momentum Kebangkitan

 

PONTIANAK - Tumpah ruah ribuan warga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, berbalut busana telok belanga dan baju kurung ikut berjepin dengan tamu undangan, untuk merayakan Hari Jadi ke-251 Kota Pontianak, di Jalan Rahadi Usman depan Taman Alun Kapuas, Minggu (23/10/2022). Berjepin massal menjadi puncak perayaan rangkaian acara menyemarakkan HUT ke-251 Kota Pontianak.

 

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, dengan kemeriahan yang terlaksana selama awal bulan Oktober itu, menandakan awal kebangkitan Kota Pontianak setelah dilanda pandemi selama dua tahun. Berbagai aktivitas masyarakat yang dulu terhenti, namun kini dapat kembali seperti semula atau bahkan lebih baik dari sebelum pandemi.

 

“Alhamdulillah kita sudah bisa melewati semua itu, sekarang saatnya kita bangkit melanjutkan pembangunan,” ungkapnya dalam sambutannya.

 

Selama pandemi, Pemerintah Kota (Pemkot) telah melakukan banyak evaluasi di berbagai sektor, khususnya optimalisasi pelayanan, pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia sampai pertumbuhan ekonomi. Edi mengatakan, angka pertumbuhan ekonomi Kota Pontianak sudah menyentuh angka 5,6 persen, di mana saat pandemi covid merosot ke -3,9 persen.

 

“Pembangunan manusia mengalami peningkatan signifikan. Target kita pada tahun 2023 angka Indeks Pembangunan Manusia adalah 80. Itu artinya jauh di atas rata-rata nasional dan merupakan tertinggi di Kalimantan Barat,” paparnya.

 

Setiap tahunnya, jelas Edi, penduduk di Kota Pontianak bertambah sebesar 1,6 persen. Total penduduk yang telah mencapai 673.129 jiwa memiliki tantangan menuju kebangkitan.

 

“Seperti produksi sampah yang akan meningkat, kebutuhan air bersih bertambah dan masalah transportasi. Kota Pontianak sebagai Ibu Kota Provinsi, tidak bisa berdiri sendiri. Sebagai barometer provinsi, tentu kita berharap adanya kolaborasi antara pemerintah pusat, provinsi dan antar daerah di sini,” ujarnya.

 

Di sektor infrastruktur, pembangunan Duplikasi Jembatan Kapuas I dan penataan Jalan Sultan Hamid tengah berjalan. Selain itu juga penyelesaian pembangunan Rumah Sakit di Siantan dan pemantapan jalan lingkungan maupun pembangunan Waterfront sampai Pelabuhan Seng Hie.

 

“Ini akan memberikan dampak positif untuk wilayah Pontianak Timur dan Utara. Permasalahan utama di Kota Pontianak adalah genangan karena berada di dataran rendah di mana pengaruh air pasang laut. Kita berupaya semaksimal mungkin dengan berkolaborasi,” ucapnya.

 

Berbagai torehan telah pihaknya raih sepanjang awal tahun 2022 sampai saat ini. Mulai dari TPID terbaik se-Kalimantan dari pemerintah pusat, BKN Awards dan WTP dari Kementerian Keuangan serta segudang prestasi lain kinerja jajaran Pemkot Pontianak.

 

“Sekali lagi saya mengajak masyarakat untuk jadikan HUT ke-251 Kota Pontianak sebagai momentum kebangkitan usai pandemi,” pungkasnya.

 

Selain masyarakat, pejabat pemerintahan juga turut hadir. Mulai dari Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan beserta istri, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Horison beserta istri, Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan beserta istri, Sekretaris Daerah Kota Pontianak, Mulyadi beserta istri dan segenap OPD di jajaran Pemkot Pontianak.

 

Sebelumnya, berbagai penghargaan diserahkan Wali Kota Pontianak kepada warga Kota Pontianak yang berprestasi di tingkat internasional. Salah satunya adalah atlet panjat tebing yang telah menjuarai banyak kompetisi dunia, Veddriq Leonardo. (kominfo/prokopim)