Maknai Peringatan Hari Santri, Wujudkan Cita-Cita Bangsa

PONTIANAK - Momentum peringatan Hari Santri tahun 2024 dimaknai Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak Ani Sofian sebagai momentum mengenang dan meneladani para santri yang telah memperjuangkan dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

 

Pada peringatan Hari Santri tahun 2024 ini tema yang diusung ‘Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan’, yang memiliki makna bahwa santri masa kini memiliki tugas untuk meneruskan perjuangan para pendahulu yang telah berjuang tanpa kenal lelah demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa.

 

"Jika para pendahulu berjuang melawan penjajah dengan angkat senjata, maka santri saat ini berjuang melawan kebodohan dan kemunduran dengan mengangkat pena," ujarnya saat memimpin apel Peringatan Hari Santri di depan Taman Alun Kapuas Jalan Rahadi Usman, Selasa (22/10/2024).

 

Ia berharap, Hari Santri ini menjadi momentum untuk memperkuat komitmen seluruh elemen, khususnya para santri dalam merengkuh masa depan dan mewujudkan cita-cita bangsa.

 

"Hari Santri bukan hanya milik santri dan pesantren, Hari Santri adalah milik semua golongan dan milik semua elemen bangsa yang mencintai negaranya," imbuhnya.

 

Kehadiran pondok pesantren-pondok pesantren telah mencetak Sumber  Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berakhlak dalam membangun bangsa ini. Oleh karenanya, ia mengajak seluruh komponen bangsa, apapun latar belakangnya untuk turut serta merayakan Hari Santri. 

 

"Terima kasih kepada seluruh elemen bangsa yang turut memeriahkan Peringatan Hari Santri tahun 2024," tutupnya. (prokopim)