Manfaat Baik Dana Operasional RT RW dari Pemkot Pontianak

PONTIANAK – Sebanyak 640 gabungan RT dan RW di Kecamatan Pontianak Kota menerima bantuan operasional masing-masing Rp 1,5 juta. Salah satunya adalah Sukarno (43), RW 036 Kelurahan Sungai Jawi, senang dengan bantuan operasional yang diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. Banyak manfaat yang dirasakan dirinya dan warga dari hasil bantuan tersebut.


“Saya mewakili RT dan RW di Kecamatan Pontianak Kota mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemkot Pontianak. Dana operasional ini sangat bermanfaat sekali,” tuturnya, usai menerima secara simbolis bantuan yang diserahkan Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian, di Aula Kantor Camat Pontianak Kota, Kamis (4/4/2024).


Ke depan, Sukarno berharap, dana yang diberikan terus bertambah dan secara rutin terlaksana. Oleh sebab itu dirinya memberikan dukungan kepada Pemkot Pontianak agar mendorong pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah (PAD).


“Semoga terus bertambah dan rutin dilaksanakan, untuk kesejahteraan RT dan RW,” ujarnya.


Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian menjelaskan, penyaluran bantuan dana operasional bagi RT dan RW ini merupakan bentuk perhatian Pemkot Pontianak kepada masyarakat, meskipun ia mengaku pihaknya memiliki keterbatasan dari segi dana.


“Kita patut bersyukur, karena apa yang dilakukan ini tidak dilakukan oleh pemerintah kabupaten dan kota lainnya. Kita satu-satunya pemerintah daerah yang mempunyai perhatian kepada RT dan RW,” ucapnya.


Ani berpesan, apa yang diberikan oleh Pemkot Pontianak tidak dinilai masyarakat dari segi besaran dananya, melainkan niat baik kepada warganya.


“Bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Pontianak ini jangan dinilai dari besarannya, tapi niat baiknya, jadi kita berikan apresiasi. Karena terus terang saja, dengan keterbatasan kita, kita masih bisa memberikan perhatian kepada RT dan RW se-Kota Pontianak,” paparnya.


Untuk kecamatan lainnya, Ani mengatakan masih dalam proses administrasi dan akan disalurkan pasca lebaran Idulfitri. Selain bantuan dana Operasional bagi RT dan RW, Pemkot Pontianak juga telah memberikan bantuan dana operasional kepada posyandu, petugas fardhu kifayah dan guru ngaji yang ada di Kota Pontianak.


“Setiap tahun selalu kita anggarkan, karena mengingat peran penting mereka dalam roda kehidupan masyarakat,” tutupnya. (kominfo)