Mengulik Kata dan Nada Manjakani di Beranda Disperpusip Pontianak

PONTIANAK - Puluhan orang bernyanyi bersama Manjakani di beranda Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pontianak, Sabtu (14/9/2024) pagi. Semua hanyut dalam alunan syahdu duo andalan Kota Khatulistiwa itu. Di antara lagu, mereka memaknai kata dalam lirik. 

 

Beranda tersebut bukan sekadar tempat. Beranda juga kepanjangan dari Berkata lewat Nada, sebuah program Disperpusip dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca 2024. Menunjukkan bagaimana literasi dalam tumbuh dan berkembang di banyak medium dan cabang seni.

 

Kepala Disperpusip Pontianak Rendrayani mengatakan program ini hanya satu dari sekian rangkaian kemeriahan yang pihaknya siapkan. Kegiatan ini diikuti berbagai komunitas dan masyarakat umum. Sajian lintas seni sengaja untuk menunjukkan bagaimana perpustakaan dapat berkembang menjadi ruang inklusif.

 

"Manjakani merupakan salah satu musisi yang karyanya tidak diragukan lagi. Liriknya dalam, kadang seperti puisi yang dinyanyikan," katanya.

 

Hal itu memanjakan telinga yang mendengar. Liriknya pun mewakili banyak perasaan. Penyampaian pesan inilah yang membuatnya banyak penikmat. 

 

Sesuatu yang coba dicontoh perpustakaan kota lewat program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) mereka. Sebuah upaya perpustakaan melalui pelibatan masyarakat sebagai wahana belajar sepanjang hayat. 

 

"Sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan pengguna

perpustakaan," sambungnya.

 

Program itu diimplementasikan dalam banyak kegiatan. Khusus dalam rangkaian Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan 2024 di Pontianak, Disperpusip menggandeng Pontinesia dan Enggang Khatulistiwa. 

 

Selain Beranda, mereka menyelenggarakan Sayembara Cerpen Membaca Pontianak, lomba yel-yel Gemar Membaca untuk pelajar SMP, review buku koleksi perpustakaan yang terbuka untuk umum, sedekah buku, membaca massal, kelas menulis bersama Bernard Batubara, bedah buku, kegiatan ngagak perpus, pelatihan pembuatan video, pelatihan public speaking, lokakarya anyaman akar keladi air, dan Panggung Literaksi. (Sumber : disperpusip)