Pontianak Tampilkan Kerajinan dalam Pameran Kriyanusa di JCC Senayan

JAKARTA - Kota Pontianak turut hadir dalam pembukaan Pameran Kriyanusa 2024 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, mulai Rabu (28/8/2024) hingga 1 September 2024. Pameran yang berlangsung selama lima hari ini mengangkat tema ‘Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya’ menyoroti pentingnya peran generasi muda dalam melestarikan seni kerajinan tradisional Indonesia.

 

Pj Ketua Dekranasda Kota Pontianak Anita Ani Sofian ikut hadir dalam acara ini dan berkunjung ke stan Kota Pontianak yang menampilkan berbagai kerajinan khas daerah. Anita juga menekankan pentingnya pameran ini sebagai sarana untuk memperluas pasar dan mempromosikan produk lokal. 

 

“Saya sangat gembira bisa hadir dan berhasil membuka stan. Produk-produk kerajinan dari Pontianak sangat luar biasa, menunjukkan kreativitas dan kualitas yang tinggi. Ke depan, saya optimis UMKM Pontianak akan terus maju. Kami akan terus mendorong inovasi dan berkomitmen untuk mendukung serta memfasilitasi agar UMKM Pontianak semakin unggul,” ungkapnya, usai acara.

 

Menurut Anita, acara ini bukan hanya untuk mendukung para UMKM dan pengrajin lokal, tetapi juga menjadi kesempatan emas untuk memamerkan produk-produk kebanggaan Kota Pontianak, seperti batik dan kerajinan lainnya.

 

“Semoga kegiatan ini membawa dampak positif yang besar bagi kemajuan UMKM di Pontianak,” tambahnya.

 

Ketua Umum Dekranasda RI Wury Ma’ruf Amin, menyampaikan, Pameran Kriyanusa mencerminkan komitmen untuk melestarikan tradisi dan warisan leluhur kepada generasi muda. Ia menyampaikan, Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya dan tradisi. Seni kerajinan dari berbagai daerah yang diwariskan dari generasi ke generasi ini tidak hanya menampilkan keindahan, tetapi juga identitas bangsa. Oleh karena itu, peran generasi muda sangat penting dalam menjaga dan melestarikan budaya.

 

“Semakin banyak pengrajin muda yang menggali dan memahami kerajinan tradisional, mereka akan menjadi pionir dalam membawa Indonesia ke panggung dunia dengan cara-cara yang inovatif,” ujarnya.

 

Yanti Isfandiary Airlangga Hartarto, Ketua Pelaksana Pameran Kriyanusa 2024 menambahkan tahun ini menjadi ikon bagi Kalimantan Timur dan diikuti oleh 444 stan pameran. Peserta pameran terdiri dari Dekranasda provinsi, kabupaten, kota, kementerian, lembaga, yayasan dan individu hingga pengrajin muda dari seluruh Indonesia.

 

“Kami memberikan 98 stan secara gratis kepada pengrajin muda sebagai bentuk dukungan dan apresiasi kepada mereka. Selain pameran, acara ini juga mencakup workshop, business matching, dan penampilan artis untuk menarik minat kaum muda dalam melestarikan warisan budaya Indonesia,” pungkas Yanti.

 

Dengan semangat kolaborasi yang terbina, diharapkan produk kerajinan Indonesia semakin unggul dan Pameran Kriyanusa menjadi ikon kerajinan yang selalu dinantikan masyarakat Indonesia. (kominfo)