Program Padat Karya Bersihkan Saluran Air di Pontianak Tenggara

Pj Wako Ani Sofian Ajak Warga Jaga Kebersihan Lingkungan

 

 

PONTIANAK - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menggelar Program Padat Karya yang melibatkan masyarakat di empat kelurahan yang ada di Kecamatan Pontianak Tenggara. Empat kelurahan tersebut adalah Kelurahan Bangka Belitung Darat,, Bangka Belitung Laut, Bansir Darat dan Bansir Laut.

 

Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak, Ani Sofian mengapresiasi sinergi antara Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Dinas Sosial Kota Pontianak dalam pelaksanaan program padat karya di empat kelurahan selama 10 hari ke depan. Program tersebut bertujuan untuk membersihkan saluran dan parit-parit di wilayah Pontianak Tenggara guna mencegah banjir dan menjaga kebersihan lingkungan.

 

"Melalui program Padat Karya ini, kami mengajak seluruh pekerja yang terlibat untuk membersihkan lingkungan dengan sebaik-baiknya. Harapannya, melalui upaya bersama ini, genangan air akibat curah hujan tinggi dapat dicegah sehingga masyarakat bisa beraktivitas sehari-hari," ungkapnya usai meresmikan pelaksanaan Program Padat Karya di Jalan Parit H Husin II Pontianak Tenggara, Senin (10/6/2024).

 

Ani Sofian juga menyoroti pentingnya kesadaran bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Menurutnya, kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama. Dirinya mengingatkan bahwa parit atau saluran air yang terhambat dapat menjadi pemicu banjir di Kota Pontianak.

 

"Saya berharap melalui program Padat Karya ini, saluran air dan drainase di wilayah ini dapat dijaga kebersihannya sehingga aliran air dapat berjalan lancar,” ujarnya.

 

Dia berpesan kepada para lurah untuk aktif dalam menyosialisasikan kepada warga pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. Menurutnya, peran serta aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan sangat krusial dalam mendukung keberhasilan program Padat Karya ini.

 

"Saya berharap melalui kolaborasi antara pemerintah, instansi terkait, dan masyarakat, kita dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat bagi semua. Kebersihan lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat," tutup Ani Sofian. (prokopim)