Satarudin Kembali Jabat Ketua DPRD Kota Pontianak

Wakil Ketua DPRD: Bebby, Yoggy dan Agus


PONTIANAK – Satarudin dilantik sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pontianak tahun 2024-2029. Ini jadi periode ketiga Satar–sapaan karibnya–menjabat Ketua DPRD Kota Pontianak. Ia mengatakan, pemilihan pimpinan telah ditetapkan melalui mekanisme yang berlaku di internal dewan.

 

Selain Satar, terdapat tiga wajah baru pimpinan DPRD. Ketiganya adalah Bebby Nailufa, Agus Sugianto serta Yoggy Perdana Putra yang dilantik sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak tahun 2024-2029.

 

Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak Ani Sofian menyampaikan ucapan selamat kepada pimpinan DPRD definitif. Ia berharap, pimpinan yang baru dilantik langsung bekerja membentuk komponen berikutnya.

 

“Kami berharap juga komunikasi antara eksekutif dan legislatif semakin lancar. Ke depan harus lebih kompak menyuarakan kepentingan warga, apa yang disuarakan konstituen itu disampaikan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak agar masuk anggaran kita,” katanya, usai menghadiri pelantikan, di Gedung Paripurna DPRD Kota Pontianak, Kamis (24/10/2024).

 

Ani Sofian mendorong adanya keselarasan program dalam Pokok Pikiran (Pokir) anggota dewan dengan program-program Pemkot Pontianak. Tujuannya, agar pembangunan lebih efektif.

 

“Misalnya ada Pokir perbaikan rumah sekolah, diarahkan untuk menambah daya tampung murid. Misalnya juga perbaikan jalan, utamakan jalan yang diharapkan masyarakat,” ungkapnya.

 

Setiap awal tahun, para anggota DPRD akan menyerap aspirasi di tingkat RT dan RW lewat Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang). Untuk Musrenbang tahun anggaran 2025, terang Ani Sofian, prioritas pembangunan masih menyasar sektor infrastruktur.

 

“Hasil Musrenbang program prioritas pemerintah daerah, sudah jelas pembagian porsinya,” pungkasnya. (kominfo/prokopim)